Raspberry

RASPBERRY
Buah raspberry (AS: / ræzˌbɛri /, UK: / rɑːzb (ə) ri, ræz- /) adalah buah yang dapat dimakan dari banyak spesies tanaman di genus Rubus dari keluarga mawar, yang sebagian besar berada di subgenus Idaeobatus; namanya juga berlaku untuk tanaman ini sendiri.

Raspberry abadi dengan batang kayu
 


Isi [sembunyikan]
1 Etimologi
2 Spesies
3 Budidaya
3.1 Kultivar mayor
3.2 Kultivar yang dipilih
3.3 Penyakit dan hama
4 Produksi
5 Penggunaan
5.1 Buah
5.2 Nutrisi
5.3 Phytochemicals
5.4 Daun
6 Lihat juga
7 Referensi
8 Bacaan lebih lanjut
9 Pranala luar
Etimologi [sunting]
Raspberry mendapatkan namanya dari raspise, "anggur mawar berwarna manis" (abad ke-15), dari raslea rasinum Anglo-Latin, atau dari raspoie, yang berarti "semak belukar" dari keturunan Germanika. [1] Nama itu mungkin telah dipengaruhi oleh penampilannya karena memiliki permukaan kasar yang terkait dengan serigala Inggris Kuno atau "berry kasar". [1]

Spesies [sunting]

Raspberry berwarna merah.

Hibrida raspberry berambut ungu.
Contoh spesies raspberry di Rubus subgenus Idaeobatus meliputi:

Rubus crataegifolius (raspberry Asia)
Rubus gunnianus (raspberry altar Tasmania)
Rubus idaeus (raspberry merah Eropa)
Rubus leucodermis (Whitebark atau raspberry Barat, raspberry biru, raspberry hitam)
Rubus occidentalis (raspberry hitam)
Rubus parvifolius (raspberry asli dari Australia)
Rubus phoenicolasius (raspberry anggur atau Wineberry)
Rubus rosifolius (Mauritius raspberry)
Rubus strigosus (raspberry merah Amerika) (syn. R. idaeus var strigosus)
Rubus ellipticus (Raspberry Himalaya Kuning)
Beberapa spesies Rubus, juga disebut raspberry, dikelompokkan dalam subgenera lain, termasuk:

Rubus deliciosus (raspberry Boulder, subgenus Anoplobatus)
Rubus odoratus (raspberry berbunga, subgenus Anoplobatus)
Rubus nivalis (raspberry Salju, subgenus Chamaebatus)
Rubus arcticus (rasberi Arktik, subgenus siklaktis)
Rubus sieboldii (raspberry molucca, subgenus Malachobatus)
Budidaya [sunting]

Berbunga dibudidayakan raspberry
Berbagai jenis raspberry dapat dibudidayakan dari zona tahan banting 3 sampai 9. [2] Raspberry secara tradisional ditanam di musim dingin sebagai tebu yang tidak aktif, meski penanaman tender, tanaman steker yang dihasilkan oleh kultur jaringan telah menjadi jauh lebih umum. Sistem produksi khusus yang disebut "produksi tebu panjang" melibatkan tebu yang tumbuh selama setahun di iklim utara seperti Skotlandia atau Oregon atau Washington, di mana kebutuhan pendinginan untuk istirahat tunas yang tepat tercapai, atau dicapai lebih awal dari tempat penanaman akhir. Tongkat ini kemudian digali, digergaji dan semua, untuk ditanam kembali di iklim yang lebih hangat seperti Spanyol, di mana mereka dengan cepat berbunga dan menghasilkan tanaman musim yang sangat awal. Tanaman biasanya ditanam 2-6 per m di tanah yang subur dan berdrainase baik; raspberry biasanya ditanam di tempat tidur / punggung yang terangkat, jika ada pertanyaan tentang masalah busuk akar.

Semua kultivar raspberry memiliki akar abadi namun, banyak yang tidak memiliki tunas abadi. Sebenarnya, sebagian besar raspberry memiliki tunas yang dua tahunan (artinya tunas tumbuh pada musim tanam pertama dan buah-buahan tumbuh dari tunas tersebut pada musim pertumbuhan kedua). [3]

Bunga bisa menjadi sumber nektar utama untuk lebah madu dan penyerbuk lainnya.

Raspberry sangat kuat dan bisa bersifat lokal. Mereka menyebarkan menggunakan tunas basal (juga dikenal sebagai pengisap), memanjat bawah tanah yang luas yang mengembangkan akar dan tanaman individu. Mereka bisa mengisap tebu baru jarak tertentu dari tanaman utama. Untuk alasan ini, raspberry menyebar dengan baik, dan dapat mengambil alih kebun jika dibiarkan. Raspberry sering disebarkan dengan menggunakan stek, dan akan mudah terserang dalam kondisi tanah yang lembab.

Buahnya dipanen saat terlepas dari wadah dengan mudah dan telah berubah warna dalam (merah, hitam, ungu, atau kuning keemasan, tergantung pada spesies dan kultivar). Inilah saat buahnya paling matang dan paling manis. Kelebihan buah bisa dibuat menjadi selai raspberry atau beku.

Produksi terowongan terowongan tinggi menawarkan kesempatan untuk menjembatani kesenjangan dalam ketersediaan pada akhir musim gugur dan akhir musim semi. Selanjutnya, terowongan yang tinggi memungkinkan raspberry yang kurang kuat untuk memenuhi iklim di iklim dimana mereka tidak dapat bertahan hidup. Di terowongan tanaman didirikan pada jarak dekat biasanya sebelum konstruksi terowongan. [4]

Kultivar utama [sunting]

Buah dari kultivar raspberry emas atau kuning
Raspberry adalah tanaman buah komersial penting, tumbuh luas di semua daerah beriklim sedang di dunia.

Banyak kultivar raspberry komersial komersial utama berasal dari hibrida antara R. idaeus dan R. strigosus. [2] Beberapa ahli botani menganggap raspberi merah Eurasia dan Amerika termasuk spesies tunggal, circumboreal, Rubus idaeus, dengan tanaman Eropa kemudian diklasifikasikan sebagai R. idaeus subsp. idaeus atau R. idaeus var. idaeus, dan raspberry asli Amerika Utara yang diklasifikasikan sebagai R. idaeus subsp. strigosus, atau R. idaeus var. strigosus Pembiakan baru-baru ini menghasilkan kultivar yang duri dan lebih kuat tegak, tidak perlu diintai.

Komentar